Teks Khutbah Jum'at Singkat, 4 Prinsip Dasar Perjuangan Menciptakan Lingkungan yang Baik

Link File PDF dan DOC/DOCX Teks Khutbah Jumat Singkat 4 Prinsip Dasar Dalam Perjuangan Menciptakan Lingkungan yang Baik, ada di bagian akhir tulisan ini. Silahkan cek.



KHUTBAH PERTAMA

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.

قال الله تعالى:يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.أَمَّا بَعْدُ

 

Kaum muslimin sidang Jum’at rahimakumullah

Alhamdulillah kita dapat berkumpul di majlis yang berbahagia ini, untuk bersimpuh ke hadirat Allah Subhaanahu wa Ta’ala, untuk menundukkan kepala, sebagai tanda kecintaan kita kepada-Nya. Apalagi kita telah merasakan karunia-Nya yang tidak akan mampu kita hitung. Maka bersyukur kepada-Nya merupakan langkah yang tepat.

Shalawat serta salam semoga tetap terlimpah kepada junjungan kita Baginda Rasulullah SAW, yang telah memberikan tauladan dan bimbingan melalui sabdanya, sehingga kita yakin dalam mengamalkan ajaran Islam, dan terus berjalan di atas jalan yang diridloi Allah Subhaanahu wa Ta’ala.

 

Hadirin Sidang Jum’at yang Dirahmati Allah!

Sebagaimana kita ketahui bersama, di dunia ini ada dua hal yang saling berlawanan, seperti siang dan malam serta yang hak dan yang batil.

Menyikapi antara kebenaran dan kebathilan, sebagai seorang muslim, tentunya kita akan memantapkan diri sebagai pembela yang hak, dimana semua pembelaan ini dilandaskan pada atau sesuai dengan ajaran agama yang kita anut yakni agama Islam.

Untuk membela kebenaran sesuai dengan ajaran agama kita, tentunya dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Dan inilah empat prinsip dalam perjuangan, yaitu:

 

Pertama, Berteguh hati atau istiqomah. Berteguh hati dalam perjuangan menjadi sangat penting, karena dengan modal itulah, kita akan berjuang tanpa mengenal lelah dan tidak akan berkeluh kesah, walaupun hal ini tidaklah mudah.

Kita akan terus-menerus berjuang, dengan cara terbaik yang bisa kita lakukan, agar kebaikan bisa tumbuh subur di lingkungan kita.

Sebab, kita patut khawatir, jika hal-hal yang bertentangan dengan agama dibiarkan, maka pengaruhnya akan semakin kuat dan kokoh, terus tersebar luas merusak tatanan kehidupan di lingkungan kita, dan pada akhirnya akan dengan mudah merusak generasi-generasi setelah kita.

Allah Subhaanahu wa Ta’ala mengingatkan kita agar beristiqomah dalam kehidupan yang fana’ ini.

 

اِنَّ الَّذِيۡنَ قَالُوۡا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسۡتَقَامُوۡا تَتَنَزَّلُ عَلَيۡهِمُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ اَلَّا تَخَافُوۡا وَلَا تَحۡزَنُوۡا وَاَبۡشِرُوۡا بِالۡجَـنَّةِ الَّتِىۡ كُنۡتُمۡ تُوۡعَدُوۡنَ ﴿٣٠﴾

 

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: ‘Tuhan kami adalah Allah’ kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): ‘Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu’. (QS. Fushilat: 30)

 

Hadirin yang berbahagia !

Prinsip perjuangan yang kedua adalah, Dzikir kepada Allah. Dzikir kepada Allah luar biasa pengaruhnya, sebab dengan dzikir, akan menimbulkan ketenangan jiwa, yang pada akhirnya akan memperkuat hati dalam memperjuangkan kebenaran ajaran Islam, tidak mudah goyah di tengah jalan.

Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfirman :

اَلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَتَطۡمَٮِٕنُّ قُلُوۡبُهُمۡ بِذِكۡرِ اللّٰهِ‌ ؕ اَلَا بِذِكۡرِ اللّٰهِ تَطۡمَٮِٕنُّ الۡقُلُوۡبُ ﴿٢٨﴾ اَلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ طُوۡبٰى لَهُمۡ وَحُسۡنُ مَاٰبٍ ﴿٢٩﴾

“28. (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. 29 Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik (QS. AR Ra’du: 28-29)

 

Perjuangan kita untuk menumbuhkan dan menyuburkan kebaikan sesuai ajaran agama Islam di lingkungan kita, dihargai dan dihitung oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, bahkan kita akan diingat-Nya dengan membantu dan menolong kita.

 

Hadirin sidang Jum’at yang berbahagia !

Prinsip yang ketiga, taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Agar kita mendapatkan kemenangan dalam perjuangan hidup, maka kita harus mentaati aturan Allah dan Rasul-Nya. Allah Subhaanahu wa Ta’ala. berfirman:

 

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا اَطِيۡـعُوا اللّٰهَ وَاَطِيۡـعُوا الرَّسُوۡلَ وَاُولِى الۡاَمۡرِ مِنۡكُمۡ‌ۚ فَاِنۡ تَنَازَعۡتُمۡ فِىۡ شَىۡءٍ فَرُدُّوۡهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوۡلِ اِنۡ كُنۡـتُمۡ تُؤۡمِنُوۡنَ بِاللّٰهِ وَالۡيَـوۡمِ الۡاٰخِرِ‌ ؕ ذٰ لِكَ خَيۡرٌ وَّاَحۡسَنُ تَاۡوِيۡلً ﴿٥٩﴾

“Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (QS. An Nisa: 59)

Ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya akan membawa keberuntungan yang besar. Kita pun diseru oleh Allah, jika suatu saat berselisih, maka jangan sampai ikatan ukhuwah Islamiyah menjadi kendor dan bercerai berai, tetapi kembalikan urusan itu kepada Allah dan Rasul-Nya, yaitu kembalikan kepada al-Quran, al-hadits, ijma’ dan qiyas.

 

Hadirin Sidang Jum’at yang Berbahagia

Prinsip yang keempat, agar perjuangan untuk mewujudkan kebaikan atau sistem nilai Islam, adalah merapatkan barisan dan kompak.

Tidak kalah pentingnya, jangan sampai bercerai berai, atau memisahkan diri. Allah Subhaanahu wa Ta’ala sangat mencintai orang-orang yang berjuang di jalan Allah dengan barisan yang teratur, sebagaimana firman-Nya

 

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الَّذِينَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِهِ صَفّاً كَأَنَّهُم بُنيَانٌ مَّرْصُوصٌ ﴿٤

 

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS. Ash Shof: 4)

 

Hadirin sidang Jum’at rohimakumullohh!

Meskipun sudah dimodali empat prinsip perjuangan sebagaimana telah diterangkan, maka harus didasarkan ikhlas karena Allah Subhaanahu wa Ta’ala, sebab ini merupakan syarat diterimanya amal kita.

Semoga kita semua yang hadir di majlis yang penuh barokah ini, juga keluarga kita, selalu mendapatkan petunjuk dan perlindungan dari Allah Subhaanahu wa Ta’ala, serta mampu melaksanakan ibadah dengan penuh ketulusan dan keikhlasan, sehingga perjuangan kita dikabulkan-Nya. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin…

 

بَارَكَ ا للهُ لِيْ وَلَكُمْ فيِ االْقُرْأَ نِ ا لْعَظِيْمِ وَنَفعَنِيْ وَ إِ يَّا كُمْ بمِا فِيْهِ مِنَ الْاَ يَاتِ و ذِكْر الحْكِيْمِ وَتَقَبَّلْ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِ نَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ ا لْعَلِيْمُ

 

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

 

KHUTBAH KEDUA

 

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

 فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ. وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ

 فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ، وَرَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْ كُلِّ صَحَابَةِ رَسُوْلِ اللهِ أَجْمَعِيْنَ. --- امين يا روبال العالمين

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ 

 رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

عِبَادَاللهِ  إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر - استغفر الله العظيم لي ولكم.

والسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


PDF Print Khutbah Jum'at Indonesia, 4 Prinsip Perjuangan

PDF Digital Khutbah Jum'at Indonesia, 4 Prinsip Perjuangan

DOCX Print Khutbah Jum'at Indonesia, 4 Prinsip Perjuangan

DOCX Digital Khutbah Jum'at Indonesia, 4 Prinsip Perjuangan


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak