Pernahkah Kita Menangis Meminta Maaf pada Orang Tua? Memintakan Maaf Suami/Istri dan Anak Kita pada Orang Tua Kita? KH. Abdul Mu’min (Abah Maung), Hikmah NabhanMedia.Com

Hikmah Nabhan Media -  Dari sekian banyak manusia muka bumi saat ini, baik muslim atau non-muslim, berapa persen yang pernah meminta maaf kepada orang tua?, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Lalu, dari milyaran jumlah penganut Islam (muslim) di dunia saat ini, berapa persen yang pernah meminta maaf kepada kedua orang tua, baik secara langsung ataupun tidak langsung?

Dari sekian banyak muslim yang meminta maaf tersebut, berapa persen muslim yang meminta maaf secara langsung? Dan dari jumlah muslim yang meminta maaf secara langsung tersebut, berapa persen yang benar-benar meminta maaf berangkat dari keikhlasan dari hati karena Allah, apalagi disertai tangisan penuh penyesalan?

Pernahkah Kita Menangis Meminta Maaf pada Orang Tua? Memintakan Maaf Suami/Istri dan AnKH. Abdul Mu’min (Abah Maung), Hikmah NabhanMedia.Com
Pernahkah Kita Menangis Meminta Maaf pada Orang Tua? Memintakan Maaf Suami/Istri dan Anak Kita pada Orang Tua Kita?
KH. Abdul Mu’min (Abah Maung), Hikmah NabhanMedia.Com


Lebih kurang, inilah penekanan penting, apa yang disampaikan oleh KH. Abdul Mu’min (Abah Maung) mengenai betapa pentingnya meminta maaf kepada kedua orang tua, khususnya meminta maaf kepada ibu, bagi setiap muslim.

Meminta maaf secara ikhlash karena Allah, dibarengi dengan tangisan penuh penyesalan, benar-benar merasa takut atas dosa yang telah dilakukan, apabila kita pernah berbuat salah, khilaf ataupun menyakiti perasaan kedua orang tua, khususnya ibu kita.

Karena dalam ajaran agama Islam, durhaka kepada kedua orang tua, adalah salah satu dosa besar dan balasannya neraka. Sebagaimana sabda Rasulullah , "Dosa-dosa besar adalah menyekutukan Allah, durhaka kepada orang tua, dan membunuh manusia dan sumpah palsu." (HR Bukhari)

Kembali ke ceramah KH. Abdul Mu’min (Abah Maung), selain meminta maaf untuk diri kita sendiri, bagi yang telah berumah tangga, maka kita seharusnya memintakan maaf atas semua perilaku suami/istri kita kepada kedua orang tua kita, apalagi jika suami atau istri kita terlihat tidak baik perilakunya terhadap kedua orang  tua kita. Termasuk kitapun memintakan maaf anak-anak keturunan kita, apabila perilaku mereka sampai menyaikit hati kedua orang tua kita.

Simak videonya berikut ini: 



 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak