5 Hak atau Kewajiban Muslim Terhadap Muslim Lainnya, Hikmah Nabhan Media, Ust. Hasanudin

Hikmah Nabhan Media – Sebagai seorang muslim yang bertanggung jawab, maka ia tidak hanya peduli terhadap diri sendiri dan keluarga terdekatnya saja, namun juga terhadap orang lain di sekitarnya dalam ruang lingkup yang lebih luas, seperti dalam ruang lingkup bertetangga dalam kehidupan sehari-hari.

Ajaran Islam sendiri telah secara luas dan rinci memberikan pedoman, bagaimana seorang muslim menjalani kehidupannya, termasuk berkaitan dengan hubungan antara sesama muslim.

Ust. Hasanudin, Hikmah Nabhan Media
5 Hak atau Kewajiban Muslim Terhadap Muslim Lainnya,
Hikmah Nabhan Media, Ust. Hasanudin


Apa yang disampaikan oleh Ust. Hasanudin, dalam potongan video pendek di akhir artikel ini, bersumber dari hadits Nabi Muhammad , kaitannya dengan hablumminannas, yaitu hak atau kewajiban seorang muslim terhadap muslim lainnya.

حَقُّ المُسْلِمِ عَلَى المُسْلِمِ خَمْسٌ: رَدُّ السَّلاَمِ، وَعِيَادَةُ المَرِيضِ، وَاتِّبَاعُ الجَنَائِزِ، وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ، وَتَشْمِيتُ العَاطِسِ

Artinya: “Hak seorang muslim terhadap muslim lainnya ada lima, menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengikuti (mengurus) jenazah hingga dikuburkan, dan memenuhi undangan, dan tasymiyah al atish (menjawab saudaranya ketika bersin dengan mengatakan: yarhamukallah).” (HR. Bukhari dan Muslim).

1.    Menjawab Salam

Yang dimaksud di sini adalah manakala kita bertemu dengan seorang muslim yang mengucapkan salam kepada kita, maka kita wajib menjawab salam tersebut. 

2.    Menjawab yang Sakit

Jika ada tetangga muslim kita yang sakit, maka sesuai dengan hadits Nabi Muhammad di atas, kita berkewajiban untuk menjenguknya serta mendo’akan untuk kesembuhannya. 

3.    Mengurus Jenazah

Hak muslim lainnya yang harus kita penuhi adalah mengurus jenazahnya ketika meninggal dunia, mulai dari memandikan, mengkafani, menyolati hingga menguburkannya. 

4.     Memenuhi atau Menghadiri Undangannya

Hak muslim lainnya yang harus kita penuhi adalah menghadiri undangan yang disampaikan kepada kita. Namun, manakala kita tidak bisa hadir karena ada halangan atau hal lainnya yang menyebabkan kita benar-benar tidak bisa menghadiri undangannya, maka kita sebaiknya memberikan kabar dan meminta maaf atas ketidakhadiran kita. 

5.    Menjawab yang Bersin ketika Mengucapkan Hamdalah

Hak muslim selanjutnya yang harus penuhi adalah mengucapkan yarhamukalloh, manakala ada yang bersin dan dia mengucapkan hamdalah.

 Uraian artikel di atas, didasarkan pada potongan video pendek di bawah ini:



Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak