4 Ciri Orang yang Akan Celaka di Akhirat, Hikmah NabhanMedia.Com, Ust. Ayi Ahmad Ghozali

Hikmah NabhanMedia.Com – Bagi setiap muslim yang benar-benar beriman, apapun yang muncul di hati, benak dan pikiran berupa niat, tekad atau gagasan serta perilaku, aksi atau tindakan yang dilakukan dari niat, tekad dan pemikiran atau gagasan tertsebut, pasti akan ditimbang-timbang terlebih dahulu, karena memiliki keyakinan, bahwa semua niat yang mucnul dan perbuatan yang dilakukan, akan selalu berdampingan dengan nilai-nilai kebaikan dan keburukan. Dimana kebaikan dan keburukan tersebut, semuanya sudah ada panduannya dalam sumber ajaran agama Islam, yaitu al-Quran, Hadits, Ijma dan Qiyas.

Ust. Ayi Ahmad Ghozali, Hikmah NabhanMedia.Com
4 Ciri Orang yang Akan Celaka di Akhirat
Hikmah NabhanMedia.Com, Ust. Ayi Ahmad Ghozali

Lebih jauh lagi, setiap muslim yang beriman, akan percaya dengan adanya pengadilan di akhirat nanti. Dan setiap ajaran atau pendapat yang berkaitan dengan kondisi manusia di akhirat nanti, akan menjadikannya sebagai rujukan, agar setiap niat dan tindakan atau perilakunya, harus sesuai dengan ajaran agama Islam yang  dianutnya, sehingga menjadi nilai plus kebaikan dirinya di akhirat nanti, sehingga tidak akan membuat dirinya celaka di akhirat.

Seperti apa yang disampaikan oleh seorang penceramah ini, Ust. Ayi Ahmad Dhozali, ia menyampaikan bahwa ada empat ciri orang akan celaka di akhirat nanti.

1.    Melupakan Semua Dosa yang Telah Dilakukan

Artinya semua orang yang telah melakukan perbuatan dosa, pernah melanggar semua aturan agama Islam dalam hidupnya, lalu ia lalai atau melupakannya, maka ia akan celaka di akhirat nanti. Ia harus mempertanggungjawabkan semua perbuatan dosa yang telah ia lakukan.

Lain halnya jika ia benar-benar mengingat perbuatan dosa yang telah dilakukan, lalu ia benar-benar bertaubat, menyesali semua perbuatan dosanya, meminta maaf kepada orang-orang yang pernah disakiti sampai mereka memaafkan, dan memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang semuanya dilaklukan secara ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka ia akan mendapatkan ampunan dari Allah  Subahanahu wa Ta’ala. 

2.     Mengingat-ngingat Kebaikan yang Pernah Dilakukan

Jika kita ingin selamat di akhirat nanti atau tidak ingin celaka di akhirat, maka pastikan semua kebaikan yang pernah kita lakukan, harus dilakukan karena Allah dan dengan tujuan mendapat ridho Allah, dan jangan pernah mengingatnya. Lakukan kebaikan, lalu lupakan.   

3.    Melihat ke Atas dalam Hal Duniawi

Maksud dari pernyataan ini adalah, untuk hal-hal yang berkaitan dengan urusan kehidupan dunia, ia selalu melihat ke atas. Hatinya akan merasa tidak puas dengan kedaannya saat ini, apalagi melihat pencapaian atau keberhasilan duniawi orang lain. 

Ia ingin seperti mereka yang berhasil dalam hal duniawi, namun tidak dibarengi niat serta tujuan karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. 

Beda halnya jika, kita termotivasi atas keberhasilan atau pencapaian orang lain, dan kita bekerja cerdas serta bekerja cerdas untuk bisa berhasil seperti mereka atau bahkan melampaui mereka, namun dengan niat dan tujuan untuk urusan akhirat atau semunay dilakukan dengan niat dan tujuan karena Allah Subhanahu wa Ta’a atau untuk berjuang di jalan Allah Subhanahu wa  Ta’ala (jalan agama Islam). 

4.    Melihat ke Bawah Jika Berurusan dengan Akhirat

Maksudnya, untuk hal-hal yang bisa membawa keselamatan di akhirat nanti, ia tidak tertarik dan malah melihat hal-hal di bawah dia pada diri orang lain. 

Ia tidak akan tertarik jika orang lain mulai belajar sholat yang benar, wudhu yang benar, mengaji yang benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah digariskan oleh agama atau oleh para ulama. 

Ia malah akan membandingkan dirinya dengan orang lain yang sama-sama tidak bisa mengaji, sholat dan hal-hal lainya yang berkaitan erat dengan balasan kebaikan di akhirat.

Seperti, jika ia kaya dan wajib zakat harta, ia tidak tertarik mengeluarkan zakat karena ia melihat banyak rekan-rekan bisnisnya tidak mengeluarkan zakat harta.

Simak videonya berikut ini:



Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak