4 Ciri Orang yang Akan Bahagia di Akhirat, Hikmah NabhanMedia.Com, Ust. Ayi Ahmad Ghozali

Hikmah NabhanMedia.Com - Bagi setiap muslim yang benar-benar beriman, ia akan terus berupaya bahagia di sepanjang perjalanan hidup di dunia dan juga bahkan di akhirat nanti. Dan semua kebahagiaan yang ia upayakan tersebut, selalu ia mulai dengan niat karena Allah Subhanahu wa Ta’ala dan untuk tujuan akhir mendapat ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ust. Ayi Ahmad Ghozali
4 Ciri Orang yang Akan Bahagia di Akhirat
Hikmah NabhanMedia.Com, Ust. Ayi Ahmad Ghozali


Terkait dengan capaian kebahagiaan yang akan diwujudkan seorang muslim di akhirat nanti, sebagaimana disampaikan oleh seorang penceramah, Ust. Ayi Ahmad Ghozali, salah satu patokan atau panduan yang bisa kita telaah bersama adalah sebagai berikut:

1.    Mengingat Dosa yang Telah Diperbuat

Orang yang akan bahagia di akhirat, salah satu cirinya adalah, mengingat dosa yang pernah diperbuat atau dilakukan, baik dosa yang sifatnya pribadi kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, maupun dosa kepada sesama manusia.

Dalam hal ini, ia tidak akan berhenti sampai dengan mengingat dosa tersebut, namun dibarengi atau dilanjutkan dengan penyesalan dan permohonan ampun kepada Allah dan/atau permintaan maaf kepada orang lain, apabila menyangkut hak sesama manusia. Dalam agama Islam dinekal dengan istilah taubat nasuha, mengingat perbuatan dosa, menyesali dengan sepenuh hati dan memohon ampun kepada Allah serta meminta maaf kepada orang yang pernah disakiti.

2.    Melupakan Semua Kabaikan yang Dilakukan

Orang yang akan bahagia di akhirat nanti, salah satu cirinya adalah melupakan semua kebaikan yang telah dilakukan. Ia melakukan kebaikan diniatkan karena Allah Subhanahu wa Ta’ala dan muara akhirnya atau tujuannya untuk mendapatkan ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan ia akan melupakan semua kebaik-kebaikan yang pernah ia lakukan.

3.    Melihat Contoh Baik dalam Urusan Akhirat

Ciri selanjutnya orang yang akan bahagia di akhirat nanti adalah, ia akan melihat contoh-contoh terbaik dalam urusan yang berkaitan dengan kehidupan akhirat. Artinya setiap niat, pemikiran, tekda dan perbuatan-perbuatan yang niatnya karena Allah Subhanahu wa Ta’ala dan muara akhirnya untuk mendapat ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka ia akan mencontoh hal tersebut dan beruyapa keras untuk bisa seperti itu.

4.    Melihat ke Bawah Berkaitan dengan Urusan Duniawi

Terkhiar, salah satu ciri orang akan bahagia di akhirat nanti ialah ia akan meliaht ke bawah berkaitan dengan capaian-capaian duniawi. Segala sesuatu yang tidak berkaitan urusan dunia namun tidak dibarengi panduan agama untuk urusan ukhrinya, maka ia tidak akan tertarik hal tersebut. Ia tidak akan mencontoh pencapaian-pencapaian dunia yang tidak ada kaitannya dengan urusan akhirat.

Simak videonya berikut ini: 



Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak