Jika Sulit untuk Memuji, Jangan Menghina, KH. Abdul Mu’min (Abah Maung Subang), Tidak Ada Makhluk Allah yang Boleh Dihina, Hikmah NabhanMedia.Com

Hikmah Nabhan Media – Hikmah yang bisa kita petik pada artikel kali ini adalah tentang memuji dan menghina. Secara sunnatullah atau hukum alam atau sisi manusiawi, semua makhluk yang bernama manusia akan cenderung pada perbuatan baik dan menghindari perbuatan buruk, termasuk jika dihubungkan atau dikaitkan dengan perkara hubungan antar sesama manusia, dimana kita biasanya cenderung tidak ingin menyakiti orang lain.

KH. Abdul Mu'min (Abah Maung)
Hikmah NabhanMedia.Com: Jika Sulit untuk Memuji, Jangan Menghina,
KH. Abdul Mu’min (Abah Maung Subang), Tidak Ada Makhluk Allah yang Boleh Dihina


Mukadimah artikel di atas bisa kita hubungkan dengan hikmah yang bisa kita ambil dari potongan video pendek di kanal NabhanMedia.ComTV, dimana KH. Abdul Mu’min atau dikenal dengan Abah Maung, seorang ulama khartismatik asal Kab. Subang, menyampaikan bahwa semua puji milik Allah dan bahwa semua ciptaan Allah atau makhluk Allah tidak ada yang boleh dihina dan dicaci maki. Semua makhluk Allah, termasuk di dalamnya manusia, adalah ciptaan Allah yang harus dipuji.

Abah maung menyampaikan bahwa memuji biasanya merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan atau disampaikan (dalam hubungan antara manusia dengan manusia lainnya) dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, sebagai muslim yang baik, jika kita tidak bisa memuji atau menyampaikan pujian secara langsung kepada orang lain, kita harus bisa melakukan hal-hal yang membahagiakan orang lain, dan jangan sampai melakukan hal-hal yang menyakitkan orang lain. Atau dengan kata lain, jika kita sulit untuk memuji, jangan sampai kita menghina orang lain.

Simak videonya di sini:




Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak