Hati-Hati Jika Berbuat Buruk pada Tetangga, Keadilan di Akhirat Nyata Adanya, Ini Akibat Menyakiti Tetangga, Bahkan Jikapun Sudah Dinyatakan Ahli Surga dan Masuk Surga, Hikmah NabhanMedia, Ust. Hasanudin

Hikmah NabhanMedia – Agama Islam, dalam seluruh aspek hidup, kehidupan dan penghidupan manusia, telah memberikan arahan bagaimana seharusnya kita berperilaku dan bersikap, baik hubungannya dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala, dengan pribadi sendiri, dengan makhluk lain, termasuk dengan sesama manusia.

Salah satu contohnya, bagaimana kita bersikap dan berperilaku dalam ruang lingkup kehidupan bertetangga. Agama Islam sangat menekankan bahwa setiap ucapan dan tindakan kita, jangan sampai menyakiti orang lain, termasuk tetangga kita.

Hikmah NabhanMedia, Ust. Hasanudin

Aturan dalam agama Islam sangat jelas, kita berbuat salah pada orang lain, maka balasannya nyata di akhirat nanti. Terkecuali kita bertaubat dengan cara meminta maaf kepada orang yang telah kita sakiti, lalu memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan bertekad memperbaiki diri dalam berucap dan berperilaku, yang intinya tidak menyakiti orang lain.

Seorang penceramah, Ust. Hasanudin, menyampaikan bahwa jika kita pernah menyakiti hati tetangga kita, maka di akhirat nanti, tetangga yang kita sakiti tersebut akan meminta keadilan, berupa pertanggungjawaban atas apa yang telah kita perbuat terhadapnya.

Jika ucapan dan perilaku kita selama bertetangga sangat buruk, bahkan sampai menghasut warga lain agar membenci tetangga kita yang bahkan justru tetangga kita tersebut terus berjuang di lingkungan untuk hidup, kehidupan dan penghidupan lebih baik di lingkungannya agar senantiasa ada dalam koridor aturan agama Islam, maka jelas, keadilan akan tegak di akhirat nanti.

Jika di dunia mungkin kita bisa dengan puas menghancurkan tetangga dengan berbagai cara, bahkan termasuk hingga menyebarkan desas-desus yang tujuannya agar tetangga kita dibenci dan bahkan disingkirkan di lingkungan, namun si tetangga tersebut tidak membalas semua perbuatan buruk terhadapnya, dimana ia tetap ikhlas berjuang untuk tegaknya hidup, kehidupan dan penghidupan yang Islami di lingkungan ia tinggal,  maka jangan kaget jika di akhirat nanti, keadilan akan benar-benar tegak, dan tidak akan ada intervensi dari siapapun.

Di akhirat nanti, semuanya akan kembali kepada ucapan dan perilaku kita terhadap orang lain, termasuk tetangga. Bahkan jika orang tersebut, selama hidupnya dikenal sebagai orang yang ahli ibadah, tokoh di lingkungan tersebut, dan bahkan di akhirat nanti telah dinyatakan sebagai ahli surga serta sudah masuk ke surga, maka itu semua akan hancur seketika, dimana orang yang berucap dan berperilaku buruk menyakiti tetangganya, akan ditarik kembali dari surga dan dimasukkan ke neraka. Na’udzubillah….

Simak bahasan artikel di atas dalam video berikut ini:



Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak